Gletser

Gletser adalah massa besar es berbutir yang terbentuk dari penimbunan salju dan bergerak menuju ke bawah akibat gaya gravitasi bumi. Lidah gletser pada musim dingin lebih panjang daripada musim panas.

a.Terjadinya gletser
Suhu udara di daerah beriklim dingin dan sedang pada musim dingin serta daerah di atas salju dapat mencapai batas titik beku. Akibatnya, uap air yang terkandung dalam udara akan langsung mengalami proses pembekuan menjadi kristal-kristal salju dan bergerak turun ke permukaan bumi. Timbunan salju akan menjadi sangat tebal sehinga terjadi proses kompaksi dan rekristalisasi. Akibat dari itu terbentuklah lapisan es di atas permukaan bumi. Kemudian akibat dari gravitasi lapisan es secara perlahan-lahan bergerak menyebar ke daerah yang lebih luas atau turun melalui lereng pegunungan.

b.Persebaran Gletser di Dunia
Gletser merupakan hasil pembekuan pada masa sekarang dan masa lampau. Daerah-daerah yang tertutup gletser antara lain, daerah kutub utara (Arktik), kutub selatan (Antartika), Greenland, Alaska, Jazirah Skandinavia, dan Pegunungan Alpen.


c.Dampak Gletser bagi kehidupan
Manfaat gletser secara umum antara lain :
1.Terbentuknya danau-danau glacial, seperti di lereng pegunungan Alpina dan di Amerika Utara, yang kemudian danau itu dijadikan tempat lalu lintas dan daerah pariwisata.
2.Terbentuknya fyord sebagai hasil erosi glasial seperti di Norwegia yang dapat digunakan untuk tempat berlindung perahu dan kapal pada waktu badai, dan tempat penangkapan ikan yang aman.
3.Sebagai tempat penelitian ahli glasiologi.
4.Padang salju merupakan tempat berolahraga ski pada musim dingin.
5.Sebagai sumber air bagi sungai di bawahnya
6.Daerah yang datarannya tertutup es dapat menyebabkan lahirnya kebudayaan yang khas, misalnya budaya Eskimo dengan rumah iglo dan alat transportasi slide yang ditarik anjing.

0 komentar:

Posting Komentar